Piramida Ekologi

Struktur trofik pada ekosistem dapat di sajikan dalam bentuk piramida ekologi.Ada 3 jenis piramida ekologi,yaitu piramida jumlah,piramida biomassa,dan piramida energi.

a. Piramida Jumlah

Organisme dengan tingkat trofik masing-masing dapat di sajikan dalam piramida jumlah. Organisme di tingkat trofik pertama biasanya paling melimpah,sedangkan organisme di tingkat trofik kedua,ketiga,dan selanjutnya makin berkurang. Dapat dikatakan bahwa pada kebanyakan komunitas normal,jumlah tumbuhan selalu lebih banyak daripada organisme herbivora. Demikian pula jumlah herbivora selalu lebih banyak daripada jumlah karnivora tingkat 1.Karnivora tingkat 1 juga selalu lebih banyak daripada karnivora tingkat 2. Piramida jumlah ini di dasarkan atas jumlah organisme di tiap tingkat trofik.

b. Piramida Biomassa

Seringkali piramida jumlah yang sederhana kurang membantu dalam memperagakan aliran energi dalam ekosistem. Penggambaran yang lebih realistic dapat disajikan dengan piramida biomassa. Biomassa adalah ukuran berat materi hidup di waktu tertentu. Untuk mengukur biomassa di tiap tingkat trofik maka rata-rata berat organisme di tiap tingkat harus diukur kemudian barulah jumlah organisme di tiap tingkat diperkirakan.

Piramida biomassa berfungsi menggambarkan perpaduan massa seluruh organisme di habitat tertentu,dan di ukur dalam gram. Untuk menghindari kerusakan habitat maka biasanya hanya diambil sedikit sample dan di ukur,kemudian total seluruh biomassa dihitung. Dengan pengukuran seperti ini akan di dapat informasi yang lebih akurat tentang apa yang terjadi pada ekosistem.

c. Piramida Energi

Seringkali piramida biomassa tidak selalu memberi informasi yang kita butuhkan tentang ekosistem tertentu. Lain dengan piramida energi yang di buat berdasarkan observasi yang dilakukan dalam waktu yang lama. Piramida energi mampu memberikan gambaran paling akurat tentang aliran energi dalam ekosistem.

Pada piramida energi terjadi penurunan sejumlah energi berturut-turut yang tersedia di tiap tingkat trofik. Berkurang-nya energi yang terjadi di setiap trofik terjadi karena hal-hal berikut :

-          Hanya sejumlah makanan tertentu yang ditangkap dan dimakan oleh tingkat trofik selanjutnya.

-          Beberapa makanan yang dimakan tidak bias dicernakan dan dikeluarkan sebagai sampah.

-          Hanya sebagian makanan yang di cerna menjadi bagian tubuh organisme,sedangkan sisanya digunakan sebagai sumber energi.

C. Produktivitas Ekosistem

Energi yang masuk atau di serap suatu organisme tidak seluruhnya digunakan untuk aktivitas tetapi ada sebagian yang disimpan.Pemasukan dan penyimpanan energi dalam suatu ekosistem di sebut produktivitas ekosistem.Produktivitas ekosistem sendiri di bagi menjadi dua.

  1. Produktivitas Primer

Pruduktivitas primer adalah kecepatan organisme autotrof menyimpan dan mengubah energi cahaya matahari menjadi molekul organik.Seluruh energi atau bahan organik yang dihasilkan dari fotosintesis di sebut dengan pruduktivitas primer kotor(PPK).Energi yang dihasilkan tersebut tidak seluruhnya di simpan dalam tubuh tumbuhan,sebagian di gunakan dalam proses respirasi. Jumlah energi yang dihasilkan dari proses fotosintesis dikurangi dengan energi yang digunakan dalam aktivitas respirasi di sebut produktivitas primer bersih(PPB).

2.  Produktivitas Sekunder

Produktivitas sekunder adalah kecepatan organisme heterotrop mengubah energi kimia dari bahan organik yang dimakan menjadi simpanan energi kimia baru di dalam tubuhnya. Energi kimia dalam bahan organik yang berpindah dari produsen ke organisme heterotrop (konsumen primer) dipergunakan untuk aktivitas hidup dan hanya sebagian yang dapat diubah menjadi energi kimia yang tersimpan di dalam tubuhnya sebagai produktivitas bersih.
Demikian juga perpindahan energi ke konsumen sekunder dan tersier akan selalu menjadi berkurang. Perbandingan produktivitas bersih antara trofik dengan trofik-trofik di atasnya dinamakan efisiensi ekologi efisiensi ekologi efisiensi ekologi efisiensi ekologi efisiensi ekologi. Diperkirakan hanya sekitar 10% energi yang dapat ditransfer sebagai biomassa dari trofik sebelumnya ke trofik berikutnya.

note:artikel diambil dari hasil diskusi presentasi pelajaran IPA,terima kasih!!!

Tagged with:
Ditulis dalam Ilmiah dikit ahh!!!
4 comments on “Piramida Ekologi
  1. Faisal Yusuf Ananda mengatakan:

    mohon izin untuk diunduh

  2. atikah mengatakan:

    makasii bangeett
    akhirnya aku nemuin buat biologi TT

  3. festi mengatakan:

    bagus lah aku nemuin source datanya….. tapi kok kurang lengkap apa yah???
    tu kan ada produktivitas primernya…. masa ga ada produktivitas skundernya sih….. tolong lenkapin lagi yah… makasih

  4. reyva babtista mengatakan:

    thnks gan, sangat membantu tugas sekolah ane :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: